• Friday, 18 October 2024

Wacana Wisma Atlet, Jadi Hunian ASN hingga Kawasan Komersial

Wacana Wisma Atlet, Jadi Hunian ASN hingga Kawasan Komersial
Wisma Atlet Kemayoran saat ini tidak dipakai setelah aktivitas rumah sakit darurat COVID-19 diberhentikan pada 2023 lalu (Kementerian PUPR)

SEAToday.com, Jakarta - Pemerintah berencana mengubah wajah Wisma Atlet di Jakarta menjadi hunian bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) serta area komersial.

Rencana tersebut merupakan hasil rapat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Selasa (6/8).

"Dari BLU (Badan Layanan Umum) sudah berikan asesmen nanti minat dari beberapa aktivitas komersial ada. Namun, di sisi lain juga akan jadi perumahan ASN, karena banyak sekali ASN di sekitar Wisma Atlet ini, tapi tanpa menimbulkan signaling yang salah karena di sisi lain akan ada perpindahan ke IKN," ujar Sri Mulyani.

Bangunan yang didirikan dalam rangka gelaran Asian Games 2018 ini sempat menjadi rumah sakit darurat serta tempat isolasi pada masa pandemi COVID-19. Saat ini, terdapat 10 menara Wisma Atlet yang dapat dimanfaatkan.

Sri pun membuka peluang agar Wisma Atlet dapat digunakan untuk acara-acara nasional dengan melakukan renovasi.

"Sama seperti GBK kan itu under management BLU, dia bisa digunakan untuk event-event dan akan digunakan kembali untuk pemeliharaan dan lain-lain," lanjutnya.

Pemerintah juga menegaskan bahwa Wisma Atlet hanya akan disewakan sebagai pemanfaatan aset negara saja, bukan dijual.

Saat ini, pemerintah tengah menunggu terbitnya Instruksi Presiden sebagai landasan hukum untuk pelaksanaan rencana tersebut. Pratikno memperkirakan, aturan itu dapat selesai sekitar seminggu ke depan.

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending