• Friday, 18 October 2024

BMKG Peringatkan Dua Potensi Gempa di Garut

BMKG Peringatkan Dua Potensi Gempa di Garut
Rumah yang rusak akibat gempa Garut (BNPB)

SEAToday.com, Garut - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan terkait dua potensi gempa bumi di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Ada dua potensi, yang satu dari selatan yang kita namakan subduksi yang dari laut, yang masyarakat mengenal sebagai megathrust. Yang kedua adalah sesar darat yang ada di bawah kita, yaitu Sesar Garsela," jelas Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung BMKG Teguh Rahayu saat acara Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami di Sekretariat Daerah Pemkab Garut, Rabu (29/5), sebagaimana dilansir dari Antara.

Sejak Januari 2024, tercatat telah terjadi 600 kali gempa bumi di sepanjang patahan di Jawa Barat. Teguh menekankan bahwa gempa bumi darat memiliki potensi dampak yang lebih besar karena terjadi di bawah pemukiman penduduk.

Pada acara tersebut, BMKG mengimbau berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Garut untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi gempa bumi dan tsunami.

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending