• Friday, 18 October 2024

Sekjen PBB Peringatkan Ketegangan Israel vs Hezbollah: Jangan Biarkan Lebanon jadi Gaza

Sekjen PBB Peringatkan Ketegangan Israel vs Hezbollah: Jangan Biarkan Lebanon jadi Gaza
Sekjen PBB Peringatkan Ketegangan Israel vs Hezbollah. (Foto: PBB)

SEAToday.com, New York - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres pada Jumat (21/6) menyuarakan kekhawatirannya akan peningkatan ketegangan antara Israel dan Hezbollah di sepanjang garis demarkasi yang dikenal sebagai Garis Biru.

 Berbicara di Markas Besar PBB, Guterres memperingatkan tentang bencana yang dapat terjadi bahkan melebihi batas negara jika ada suatu langkah yang salah diambil. Ia mendesak agar pelebaran konflik harus dihindari, karena kedua belah pihak di sepanjang Garis Biru telah kehilangan banyak nyawa dan mengalami kehancuran. Guterres mendesak agar segera dilakukan de-eskalasi tanpa solusi militer. 

"Mari kita perjelas: Masyarakat di wilayah ini dan masyarakat dunia tidak bisa membiarkan Lebanon menjadi Gaza yang lain," tegas Guterres.

Ketegangan di sepanjang Garis Biru telah meningkat sejak 7 Oktober ketika Hezbollah yang didukung Iran mengumumkan solidaritasnya terhadap Palestina. Militer Israel pada hari Selasa menyetujui rencana serangan ke Lebanon Selatan. Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dilaporkan telah merespon pada hari Kamis dengan sebuah peringatan keras untuk berperang kepada Israel.

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending