• Friday, 18 October 2024

Apa Itu Rudal Balistik? Senjata yang Dipakai Iran untuk Serang Israel

Apa Itu Rudal Balistik? Senjata yang Dipakai Iran untuk Serang Israel
Ilustrasi - Rudal Balistik yang dipakai Iran saat serang Israel (Foto: ANTARA)

SEAToday.com, Tel Aviv – Pada Selasa (1/10) Iran menyerang Israel dengan meluncurkan rudal balistik. Kabarnya sekitar 180 rudal balistik ditembakkan dan memicu suara sirene peringatan di seluruh penjuru Israel kencang sampai membuat warga setempat mengungsi dan mencari tempat aman.

Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) memberikan penjelasan bahwa serangan itu sebagai balasan atas terbunuhnya para pemimpin milisi pro Teheran, mulai dari pimpinan Hamas Ismail Haniyeh dan terbaru pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah yang tewas karena militer Israel.

Serangan rudal balistik ke Israel sebagai balasan atas apa yang sudah dilakukan militer Israel di Jalur Gaza Palestina dan sebabkan puluhan ribu orang jadi korban. Ledakan rudal juga terdengar sampai daerah Yerusalem, Tepi Barat, serta dekat Sungai Yordan.Suasana Israel pun menjadi mencekam.

Lalu apa itu rudal balistik? Rudal balistik adalah senjata berpeluncur roket jarak pendek, menengah, atau jauh yang bisa mengirim senjata nuklir atau konvensional. Rudal balistik adalah sistem senjata strategi berpemandu roket yang mengikuti lintasan balistik untuk mengirimkan muatan dari lokasi peluncurkan ke target yang ditentukan.

Rudal ini bisa membawa bahan peledak konvensional serta amunisi kimia, biologi, dan nuklir yang bisa diluncurkan dari pesawat, kapal laut, dan kapal selam. Rudal balistik dibagi menjadi dua kategori yakni rudak yang diluncurkan dari darat dan rudal yang diluncurkan dari laut.

Rudal-rudal ini terbagi dari jangkauannya menjadi rudal balistik jarak menengah dan rudal balistik antarbenua. Untuk rudal jarak menengah maksimal mencapai 3.500 mil sementara rudal antarbenua lebih dari 3.500 mil.

Serangan Iran ke Israel dengan rudal balistik sudah pasti memicu kemarahan dari Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Dalam keterangannya Netanyahu menegaskan bahwa Iran telah melakukan kesalahan besar. Sepertinya Netanyahu memiliki rencana untuk melakukan serangan balik kepada Iran.

Konflik Iran dengan Israel memang semakin meruncing. Apalagi beberapa bulan lalu Israel menyerang Iran tepatnya di daerah Isfahan pada bulan April 2024 silam. Meskipun tidak ada laporan terkait korban jiwa dalam kejadian tersebut.

 

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending