• Friday, 18 October 2024

Kronologi Ketua MUI Banten Hamdi Ma'ani Meninggal di Arab Saudi Saat Akan Beribadah Haji

Kronologi Ketua MUI Banten Hamdi Ma'ani Meninggal di Arab Saudi Saat Akan Beribadah Haji
Ketua MUI Banten KH Hamdi Ma'ani meninggal dunia saat akan beribadah haji (Foto:MUI Banten)

SEAToday.com, Jeddah – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten KH Hamdi Ma’ani meninggal dunia di Jeddah, Arab Saudi. Ia menghembuskan napas terakhirnya saat akan menjalani ibadah haji di Arab Saudi.

Melansir Antara, kejadian itu terjadi pada Kamis (6/6) pukul 22.30 waktu Arab Saudi atau Jumat (7/6) dinihari waktu Indonesia. Sebelum meninggal dunia Hamdi terbang dari Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (6/6) pukul 11.30 WIB.

Setelah sampai di Jeddah, Arab Saudi, Hamdi sempat istirahat sejenak di sebuah hotel bersama seorang kyai dari Situbondo, Jawa Timur. Namun saat malam hari ketika hendak salat Isya, Hamdi mendadak pingsan di hotel.

Hamdi langsung dibawa ke rumah sakit di Jeddah. Namun saat diperiksa tim medis Hamdi sudah dinyatakan meninggal dunia. Diduga penyebab meninggalnya karena serangan jantung. Kepergian Hamdi membuat banyak keluarga dan kerabat terkejut karena saat berangkat ke Arab Saudi terlihat sehat dan masih kuat.

Semasa hidupnya Hamdi dikenal sebagai ulama besar yang juga pernah jadi pimpinan Pesantren Malnu Menes Pandeglang dan dianggap sebagai sosok yang kharismatik.

Karena meninggal di Arab Saudi kemungkinan besar jenazah Hamdi akan dimakamkan di Mekkah setelah dibicarakan antara pihak keluarga, MUI Banten, dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Memang semua jemaah haji yang meninggal ketika sedang beribadah di Arab Saudi, jenazahnya tidak dibawa pulang ke negara asal, termasuk jemaah asal Indonesia.

Melansir situs NU Online di Arab Saudi terdapat kantor yang diberikan tanggung jawab pemerintah untuk mengurus segala layanan pemulasaran hingga pemakaman. Jenazah jemaah haji nanti akan diurus otoritas di Arab Saudi ditambah dengan dibuatnya surat kematian atau Certificate of Death dari tenaga medis dari negara asal jemaah haji.

Pemakaman juga sudah disiapkan. Biasanya jemaah haji yang meninggal  dimakamkan di pemakaman Ma’la di Mekkah dan  pemakaman Baqi yang terdapat di Madinah.

Banyak yang mempercayai jenazah jemaah haji  tidak dibawa pulang ke negara asal namun tetap mendapatkan keutamaan dan kemuliaan karena sedang beribadah di tanah suci.

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending