• Saturday, 19 October 2024

Ini Sosok Teguh Setyabudi Pj Gubernur DKI Jakarta yang Baru Dilantik

Ini Sosok Teguh Setyabudi Pj Gubernur DKI Jakarta yang Baru Dilantik
Teguh Syahbudi Pj Gubernur DKI Jakarta yang baru (Sumber Foto: ANTARA/Narda Margaretha Sinambela/a)

SEAToday.com, Jakarta – Teguh Setyabudi merupakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik pada Jumat (18/10) kemarin. Teguh menggantikan Pj Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Heru Budi Hartono.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum resmi purnatugas pada 20 Oktober 2024 masih mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 125P tanggal 16 Oktober 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan PJ Gubernur DKI Jakarta.

Kemunculan nama Teguh untuk menggantikan Heru sudah dikabarkan sejak beberapa waktu silam. Beberapa fraksi di DPRD DKI Jakarta pada September 2024 sudah menyorongkan nama Teguh. Mereka anggota DPRD yang berasal dari Fraksi Gerindra, Golkar, PKB, PPP, PAN, Perindo, PSI, dan NasDem.

Mengutip dari Antara, Teguh adalah pria yang lahir pada 8 Maret 1967 di Purwokerto, Jawa Tengah. Lulus dari SMA di Purwokerto, pada 1981 Teguh melanjutkan pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengambil jurusan FISIPOL dan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, salah satunya Senat Mahasiswa Fisipol UGM.

Lulus dari UGM, Teguh melanjutkan jenjang pendidikan S2 bidang Teknologi Pendidikan di IKIP Negeri Jakarta dan S3 Ilmu Pemerintahan di Institus Pemerintahan Dalam  Negeri (IPDN). Karier pekerjaan Teguh sudah dimulai pada tahun 1991 setelah ia menjadi pegawai di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Departemen Dalam Negeri, barulah pada 1993 dia resmi menjadi seorang PNS.

Karier Teguh makin cemerlang sampai menjadi pejabat di eselon II sebagai Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendagri pada 2010. Kemudian menjadi Direktur Penataan Daerah dan Otonomi Khusus pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.

Teguh juga menjadi Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Direktur Otonomi Khusus di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, hingga Dirjen Dukcapil Kemendagri. Sebelum menjadi Penjabat Gubernur di DKI Jakarta, ia menjadi Pj.Gubernur di Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara.

Sebagai Pj.Gubernur DKI Jakarta ia memiliki total harta kekayaan mencapai Rp 9.233.559.204 atau sekitar Rp 9,2 miliar. Teguh diketahui memiliki delapan tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Depok dan Bogor dengan total Rp7.850.000.000.

Teguh memiliki empat mobil yang terdiri dari Toyota Corolla Altis Sedan tahun 2008, Land Rover Jeep tahun 1974, Toyota Jeep tahun 1962, dan Honda Civic tahun 2012 dengan total Rp220 juta. Teguh juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp250.000.000, serta kas dan setara kas Rp913.559.204.

 

 

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending