• Friday, 18 October 2024

Shalat Id Bareng Presiden Jokowi, Ribuan Jemaah Padati Masjid Istiqlal

Shalat Id Bareng Presiden Jokowi, Ribuan Jemaah Padati Masjid Istiqlal
Suasana di Masjid Istiqlal Jelang Shalat Id (ANTARA FOTO)

SEAToday.com, Jakarta – Sejak subuh pada Rabu 10 April 2024 banyak jemaah memadati Masjid Istiqlal Jakarta Pusat untuk menjalani Shalat Id Idul Fitri. Shalat Id juga dihadiri oleh sejumlah pejabat termasuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang dipastikan akan berlebaran di Jakarta.

Melansir dari Antara, Shalat Id dimulai sekitar pukul 07.00 WIB di masjid yang berkapasitas 260 ribu orang ini. Sehari sebelum lebaran, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memang sudah meminta masyarakat untuk datang beberapa jam sebelum Shalat Id untuk mengantisipasi kepadatan di lokasi

Pengamanan juga semakin diperketat jelang kedatangan rombongan presiden dan wakil presiden. Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju sudah tiba di Masjid Istiqlal untuk melakukan shalat seperti Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Pada Shalat Id di Masjid Istiqlal H.A Husni Ismail akan menjadi imam dan H.Martomo Malaing sebagai bidal. Rais PBNU Prof.Dr.KH.Abd.A’la Basyir menjadi Khatib dengan khutbah “Memperkuat Kebersamaan dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”

Pada Selasa 9 April 2024 Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah pada Rabu 10 April 2024 melalui sidang isbat. Keputusan diambil berdasarkan ketinggian hilal berkisar antara 4 derajat 52,7 menit hingga 7 derajat 37,8 menit dan elongasi berkisar 8 derajat 23,68 hingga 10 derajat 12,94 menit.

“Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi,”  kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan sidang Isbat.

Sidang isbat dimulai pada pukul 17.00 WIB hingga ditutup dengan penetapapan Idul Fitri pukul 19.00 WIB Sidang isbat dimulai dengan paparan mengenai posisi bulan sabit atau hilal berdasarkan data astronomi oleh para pakar.

Penetapan Idul Fitri pada 10 April 2024 yang ditetapkan pemerintah disambut sukacita oleh seluruh umat Islam di Indonesia. Apalagi dalam momen lebaran masyarakat menjalani silaturahmi bersama keluarga.

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending