• Sunday, 06 October 2024

Presiden Joko Widodo Membagikan 4,000 Sertifikat Tanah di Sidoarjo

Presiden Joko Widodo Membagikan 4,000 Sertifikat Tanah di Sidoarjo
Presiden Joko Widodo bagikan ribuan sertifikat tanah kepada warga Sidoarjo. Foto: RRI

SEAToday.com, Sidoarjo-Pada hari Rabu (27/12), Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat yang tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur. Sebanyak 4000 sertifikat tanah dibagikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Sertifikat tanah merupakan dokumen yang membuktikan bahwa pemegangnya adalah pemilik resmi dari tanah tersebut. Pemerintah membagikan tiga jenis sertifikat, yang pertama adalah sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap/sertifikat redistribusi tanah dan sertifikat tanah wakaf.

Sejak tahun 2015 hingga saat ini, pemerintah telah meresmikan126 juta bidang tanah untuk rakyat. Masih ada 6 juta bidang tanah yang belum disertipikatkan. Pemerintah memiliki waktu hingga tahun depan untuk menyelesaikan target tersebut. Presiden memiliki pendapat yang kuat terhadap semua sertifikat tanah yang dibagikan.

"Semua sertifikat yang diterbikan oleh kantor BPN ini adalah bukti hak hukum atas tanah yang Bapak/Ibu miliki, artinya kalau ada sengketa, dibawa ke pengadilan, Bapak/Ibu menang karena memiliki dasar hukum yang jelas, yaitu yang namanya sertifikat hak milik," kata Presiden Joko Widodo.

Presiden juga mengingatkan, kalau mau diagunkan harus dihitung betul apakah bisa membayar cicilannya dari pedapatan bulanan. Jangan sampai gagal membayar cicilan, karena jika gagal bayar hingga 6 bulan, sertifikatnya akan disita oleh bank.

Share
News Update
Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

47 Tigers in Vietnam Zoos Die from Bird Flu

On Wednesday (2/10), state media said that 47 tigers, three lions and a panther have died in zoos in south Vietnam due to the H5N1 bird flu virus.

MotoGP Mandalika 2024: InJourney Records Over 120,000 Attendees

The Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 held at the Pertamina Mandalika International Circuit recorded more than 120,000 visitors.

Trending