• Friday, 18 October 2024

Sedikitnya 40 Orang Tewas akibat Serangan Israel ke Tenda Penampungan di Zona Kemanusiaan Gaza

Sedikitnya 40 Orang Tewas akibat Serangan Israel ke Tenda Penampungan di Zona Kemanusiaan Gaza
Warga Palestina yang dievakuasi dari Rafah mendirikan tenda di sebuah pantai di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada Jumat (10/5/2024). (ANTARA/Xinhua/Rizek Abdeljawad/aa.)

SEAToday.com, Gaza – Serangan Israel pada Sabtu pagi (10/9) ke tend pengungsi di zona kemanusiaan Gaza, Mawasi, menewaskan sedikitnya 40 orang, sementara 60 orang lainnya terluka.  Israel berdalih serangan tersebut menargetkan Hamas.

Pihak pertahanan sipil mengatakan telah menemukan 40 jenazah pascaserangan tersebut. Satu keluarga tewas, karena mereka berkumpul di dalam satu tenda yang sama.

Seorang juru kamera dari Associated Press melihat tiga lubang besar di lokasi kejadian. Para petugas dan para pengungsi mengais puing dengan peralatan berkebun dan tangan kosong.

Rumah Sakit Nasser di Khan Younis, salah satu dari tiga rumah sakit yang menerima korban jiwa, mengatakan bahwa sekitar dua lusin mayat telah dibawa dari serangan tersebut.

Pihak militer Israel bersikukuh serangan itu ditujukan untuk melumpuhkan kelompok militan Hamas yang beroperasi di titik serangan tersebut.

Namun Hamas merilis sebuah pernyataan yang menyangkal adanya militan di daerah tersebut. Baik Israel maupun Hamas tidak memberikan bukti untuk mendukung klaim mereka.

Krisis kemanusiaan di Gaza telah menyebabkan kehancuran yang luas dan mengungsikan sekitar 90% dari 2,3 juta penduduk Gaza, bahkan beberapa kali. Perintah evakuasi dari Israel, yang kini mencakup sekitar 90% wilayah, telah mendorong ratusan ribu orang ke Mawasi, sebuah barisan tenda-tenda kumuh di sepanjang pantai.

Sejumlah lembaga bantuan kesulitan untuk menyediakan layanan dasar di Mawasi, dan seringkali Israel menyerang target-target di sana meski telah menetapkannya sebagai zona kemanusiaan.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan lebih dari 40.000 warga Palestina telah terbunuh di Gaza sejak perang dimulai. Jumlah tersebut dihitung secara keseluruhan tanpa memisahkan antara  tentara dan warga sipil.

 

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending